Skip to main content

Cara Membuat Panel Surya Sederhana

Panel Surya adalah alat untuk menangkap sinar matahari dan kemudian dapat merubahnya menjadi energi listrik,  berikut ini kita akan mencoba membuat panel surya secara sederhana. Barang-barang yang perlu disiapkan adalah kotak CD bekas yang terbuat dari plastik bening, lempengan besi & tembaga yang berguna sebagai konduktor, kabel tembaga dan lem silikon.

Cara membuatnya
Langkah pertama adalah dengan membuat  plat oksida cuprous  (plat besi yang berkarat) berbentuk kotak, kemudian bersihkan  salah satu sudut dengan amplas untuk disolder dengan kabel tembaga, plat tersebut akan berfungsi sebagai sisi negatif.
 
 
Kemudian membuat plat positif dengan membentuk potongan U  dari lembaran tembaga, sedikit lebih besar daripada plat oksida cuprous, dengan bagian dalam potongan U sedikit lebih kecil daripada plat oksida cuprous. Setelah itu solder kabel tembaga disalah satu sisi dari plat U tersebut. Rekatkan plat berbentuk U pada plastik bening CD bagian depan dengan lem silikon yang banyak agar tidak terjadi kebocoran. Pastikan bahwa koneksi solder benar-benar tertutup dengan lem, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
 
 
Gambar diatas menunjukkan sisi belakang dari solar cell (di sisi yang tidak menghadap matahari). Dan gambar di bawah ini menunjukkan sisi depan solar cell (sisi yang akan menghadapi matahari), perhatikan bahwa lem silikon tidak sepenuhnya menutupi plat tembaga yang berbentuk U, karena nantinya sebagian dari plat tembaga harus bersentuhan dengan air asin.
  
 
Langkah berikutnya adalah meletakkan plat yang berbentuk kotak diatas plat U, namun sebelumnya lem kembali plat U sehingga membentuk lapisan yang tebal, lapisan tersebut berfungsi untuk isolator dan agar membuat ruangan ruang untuk air asin. Sekali lagi, tidak semua bagian tembaga tertutup, sehingga akan ada bagian dari tembaga didalam kontak dengan air asin. Rekatkan plat kotak kelapisan lapisan lem tersebut. Anda harus menekan cukup keras untuk memastikan bahwa tidak ada celah, tapi tidak begitu keras sampai dua plat saling bersentuhan.
 
 
Gambar diatas menunjukkan sisi belakang solar cell (di sisi yang tidak menghadap matahari). Dan gambar bawah ini menunjukkan sisi depan solar cell (sisi yang akan menghadapi matahari), perhatikan bahwa kita akan menambahkan lem ekstra untuk membentuk saluran di bagian atas untuk membiarkan air asin yang akan ditambahkan.
 
 
Selanjutnya, gunakan pipet besar untuk menambah air asin. Isi sel hampir ke bagian atas plat tembaga, sehingga hampir tumpah keluar.Kemudian menutup saluran dengan lem, dan biarkan lem sampai kering.




http://gensetportable.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Cara Mendownload Video di youtube.com di HP atau PC

Tutorial Cara Mendownload Video di youtube.com dari pada bingung mau ngeshare apa, ane putusin untuk nge share cara download video di youtube.com.  kalo di hp maupun di pc cara nya hampir sama. jika di hp sudah pasti kan ngga ada IDM ( Internet Download Manager ) jadi berikut ane berikan caranya :  1.  masuk ke youtube.com 2. pilih video yang ingin di download contoh.  http://www.youtube.com/watch?v=vPMrKRKuNxU 3. ganti  http://www. dengan ss tanpa dot(.) jadi seperti ini. ssyoutube.com/watch?v=vPMrKRKuNxU 4. pilih mana yang ingin anda download antara 3GP , FLV , MP4 dll sekian tutor dari ane makasih. NB : jika ingin copas tambahkan sumbernya

Habib Syech - SYI'IR BIRRUL WALIDAIN

*** SYI'IR BIRRUL WALIDAIN Oleh Habib Syech*** (Ijazah Al-maghfurlah Romo KH. A. Idris Marzuki Lirboyo dan diterjemahkan oleh salah satu santrinya) صل وسلم دائما على احمد # والأل والأصحاب من قد وحدا ياربنا ياربنا إغفرلنا ** ووالدينا والمشايخ اجمعين Duh pangeran kulo nyuwun pangapuro Kangge tiyang sepah soho guru kulo Ugi kangge kulo lan muslim sedoyo ing mekah madinah lan sak alam dunyo Duh pangeran kulo nyuwun kesaenan Kangge poro putro lan putri harapan Mugi saget nerusaken perjuangan Njagi islam lan akidah keimanan Duh pengeran kulo nyuwun kawelasan kangge poro guru kang paring tuntunan Tuntunan agami soho sesrawungan Ingkang manfaati ing gesang bebrayan Kuburipun guru soho tiyang sepah Mugi dados taman surgo ingkang endah Mugi tangi kubur mboten nampi susah Dados tiyang ingkang pikantuk bebungah Timbangan amale abot kesaenan Ing jembatan shirot mlampah kanthi aman Saking tlogo nabi pikantuk siraman Ingkang nglebur sedayane keluputan

PD - PROXY LAYANAN VPN

Gratisan Internet di PC ( komputer / laptop ) dengan menggunakan PD-PROXY VPN kali ini ane mau nge share salah satu trik gratisan internet lewat pc. yaitu menggunakan PD - PROXY VPN . dengan menggunakan program tersebut maka anda dapat gratisan meski hanya 100MB per hari. berikut cara menggunakannya : 1. klik linknya http://www.pdproxy.com/ untuk memulai mendaftar dan isi formulirnya 2. lalu download software nya di sini http://www.pdproxy.com/download.htm 3. setelah mendapat user name dan pass nya 4. software yang sudah di download lalu di ekstrak 5. double klik di PD-Proxy.exe 6. masukkan user name dan pass nya 7. click conect selamat anda sudah bisa ber internet ria, tapi ingat hanya 100MB per hari. NB ; sebelum di konekkan pc anda sudah konek ke internet, maksudnya sudah konek lewat modem atau sejenisnya