Skip to main content

UJIAN NASIONAL 2013: Mendikbud Tolak Wacana Penghapusan UN SD

BISNIS.COM, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menilai wacana penghapusan ujian nasional untuk tingkat SD tidak sejalan dengan tujuan program wajib belajar 9 tahun, sehingga masih perlu dikaji terlebih dahulu.

Menurutnya, jika UN SD dihapuskan padahal belum disiapkan penggantinya, tentu akan terjadi kesimpangsiuran.
"Disamping itu, UN memang diadakan untuk memetakan kualitas pendidikan dengan menentukan nilai prestasi siswa, bukan hanya menentukan lulus atau tidak. Jadi, wacana penghapusan UN perlu direview," kata Mendikbud M. Nuh, Senin (5/6).

Hal itu, sambungnya, karena pada prinsipnya dalam ujian selalu ada yang lulus dan yang tidak lulus, walaupun demikian wajib belajar sembilan tahun tetap harus dilaksanakan.

"Kalau ada hal khusus yang membuat seorang siswa SD tidak lulus, dia masih bisa mengulang dan pendidikannya tetap harus dilanjutkan," tuturnya.

Nuh menambahkan bila masing-masing sekolah dasar menyelenggarakan ujian akhir bagi siswanya dengan cara sendiri, akan terjadi ketidakseragaman yang mengakibatkan sulitnya penentuan lulusan SD untuk masuk ke SMP-SMP yang ingin dituju.

"Lalu menentukan masuk SMP-nya bagaimana? Harus ujian saringan masuk lagi atau seperti apa ?. Itu kan jadi pekerjaan dan pembiayaan baru lagi. Dan itu cuma 'pindah' saja, tidak ada UN, tetapi ada ujian seleksi," ujarnya.

Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan penerapan Kurikulum 2013 akan menggunakan sistem evaluasi yang berbeda, dimana akan dilakukan beberapa modifikasi.

"Dalam penerapan kurikulum baru nanti, pendekatan cara evaluasi pun akan berbeda, akan ada modifikasi-modifikasi," kata Nuh.

Sebelumnya, Mendikbud menyatakan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013 untuk tingkat sekolah dasar (SD) berjalan secara serentak dan lancar di seluruh provinsi.

"Secara umum naskah soal UN SD sudah siap sampai di lokasi ujian karena pendistribusian dilakukan oleh pihak provinsi. Jadi, kami yakin di seluruh provinsi UN SD ini sudah `on schedule`," kata M. Nuh saat melakukan sidak di SD Negeri 10 Kemanggisan.

Dia menjelaskan sejak beberapa tahun lalu penyelenggaraan UN SD dan sederajat sudah dilaksanakan oleh pemda di masing-masing provinsi, sedangkan UN untuk tingkat SMA dan SMP sederajat masih diselenggarakan secara tersentral oleh pemerintah pusat.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa secara umum naskah soal UN SD sudah siap sampai di lokasi ujian karena penyelenggaraan, termasuk pendistribusian naskah soal, dilakukan oleh pihak provinsi.

"UN SD untuk wilayah Indonesia timur juga sudah sesuai jadwal. Jadi, kami yakin pelaksanaan UN untuk SD/MI di semua provinsi sudah serentak," tuturnya. (Antara)

http://www.bisnis.com

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Cara Mendownload Video di youtube.com di HP atau PC

Tutorial Cara Mendownload Video di youtube.com dari pada bingung mau ngeshare apa, ane putusin untuk nge share cara download video di youtube.com.  kalo di hp maupun di pc cara nya hampir sama. jika di hp sudah pasti kan ngga ada IDM ( Internet Download Manager ) jadi berikut ane berikan caranya :  1.  masuk ke youtube.com 2. pilih video yang ingin di download contoh.  http://www.youtube.com/watch?v=vPMrKRKuNxU 3. ganti  http://www. dengan ss tanpa dot(.) jadi seperti ini. ssyoutube.com/watch?v=vPMrKRKuNxU 4. pilih mana yang ingin anda download antara 3GP , FLV , MP4 dll sekian tutor dari ane makasih. NB : jika ingin copas tambahkan sumbernya

Habib Syech - SYI'IR BIRRUL WALIDAIN

*** SYI'IR BIRRUL WALIDAIN Oleh Habib Syech*** (Ijazah Al-maghfurlah Romo KH. A. Idris Marzuki Lirboyo dan diterjemahkan oleh salah satu santrinya) صل وسلم دائما على احمد # والأل والأصحاب من قد وحدا ياربنا ياربنا إغفرلنا ** ووالدينا والمشايخ اجمعين Duh pangeran kulo nyuwun pangapuro Kangge tiyang sepah soho guru kulo Ugi kangge kulo lan muslim sedoyo ing mekah madinah lan sak alam dunyo Duh pangeran kulo nyuwun kesaenan Kangge poro putro lan putri harapan Mugi saget nerusaken perjuangan Njagi islam lan akidah keimanan Duh pengeran kulo nyuwun kawelasan kangge poro guru kang paring tuntunan Tuntunan agami soho sesrawungan Ingkang manfaati ing gesang bebrayan Kuburipun guru soho tiyang sepah Mugi dados taman surgo ingkang endah Mugi tangi kubur mboten nampi susah Dados tiyang ingkang pikantuk bebungah Timbangan amale abot kesaenan Ing jembatan shirot mlampah kanthi aman Saking tlogo nabi pikantuk siraman Ingkang nglebur sedayane keluputan

PD - PROXY LAYANAN VPN

Gratisan Internet di PC ( komputer / laptop ) dengan menggunakan PD-PROXY VPN kali ini ane mau nge share salah satu trik gratisan internet lewat pc. yaitu menggunakan PD - PROXY VPN . dengan menggunakan program tersebut maka anda dapat gratisan meski hanya 100MB per hari. berikut cara menggunakannya : 1. klik linknya http://www.pdproxy.com/ untuk memulai mendaftar dan isi formulirnya 2. lalu download software nya di sini http://www.pdproxy.com/download.htm 3. setelah mendapat user name dan pass nya 4. software yang sudah di download lalu di ekstrak 5. double klik di PD-Proxy.exe 6. masukkan user name dan pass nya 7. click conect selamat anda sudah bisa ber internet ria, tapi ingat hanya 100MB per hari. NB ; sebelum di konekkan pc anda sudah konek ke internet, maksudnya sudah konek lewat modem atau sejenisnya