Skip to main content

INTERNET Pengertian, Manfaat, dan Fasilitas yang Tersedia

INTERNET
Pengertian, Manfaat, dan Fasilitas yang Tersedia
PENGERTIAN
Internet adalah sekumpulan komputer atau server yang saling terhubung  satu sama lain melalui berbagai macam media (kabel, radio, satelit dll) yang letaknya tersebar di seluruh belahan dunia sehingga memungkinkan terbentuknya suatu jaringan informasi global.
Sekumpulan komputer di suatu tempat memiliki jenis dan karakteristik yang tidak sama dengan tempat-tempat lain, namun semuanya dihubungkan oleh suatu protokol standard yang sama yang disebut TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol). 
Manfaat yang dapat kita peroleh dari Internet diantaranya adalah
-          Komunikasi, Internet memungkinkan terjadinya komunikasi yang super cepat antara suatu pihak dengan pihak lainnya, tanpa mengenal batasan ruang dan waktu. Hal ini dimungkinkan karena jangkauan Internet yang telah meng-global.
-          Kolaborasi Suatu proses menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama (team-work). Anggota tim bisa terdiri dari berbagai macam ahli dari berbagai bidang yang tersebar di berbagai negara di dunia.
Fasilitas-Fasilitas yang Terdapat pada Internet
Internet yang sering disebut dengan jagad raya informasi menyajikan sekian banyak fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengguna internet. Berikut ini beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengguna internet, antara lain :

1.      WWW
World Wide Web atau yang sering disingkat dengan WWW merupakan sebuah sistem yang terdapat pada internet dan bertugas melakukan pencarian sekaligus pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext.
Untuk membuat hypertext, diciptakanlah sebuah bahasa pemrograman yang disebut Hyper Text Markup Language (HTML). HTML berfungsi mengikat alamat WWW atau file dalam sebuah dokumen yang biasanya ber-extention *.htm atau *.html. Untuk mengirimkan file tersebut, diperlukan peran dari protokol pengiriman data yang spesifik yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Selain itu, untuk menemukan setiap hubungan hypertext diperlukanlah Uniform Resource Locator (URL).

2.      Email
Email merupakan surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima antar pengguna computer. Email memungkinkan seorang individu mengirimkan pesan ke individu lainnya dengan waktu yang cepat, bahkan dalam hitungan detik. Saat ini perkembangan email sangatlah pesat, email tidak hanya berisi teks saja. Kita bisa melampirkan file multimedia seperti gambar, foto, video bahkan animasi.

3.      Mailing List
Mailing List atau yang sering disebut dengan milis merupakan salah satu discussion group yang terdapat pada internet.
Untuk menjadi anggota sebuah milis, kita terlebih dahulu mengirimkan email ke subsription address dan menunggu persetujuan dari moderator milis tersebut. Biasanya, anggota dari milis saling bertukar informasi, pendapat, dan lain sebagainya.
4.      BBS
Bulletin Board System atau yang biasa disingkat BBS merupakan suatu pusat layanan informasi yang menyediakan berbagai macam informasi dari berbagai bidang tertentu seperti bidang pendidikan, bisnis, sosial, teknologi dan lain-lain.
Dengan menggunakan fasilitas ini, pengguna dapat bertukar pikiran dengan pengguna lainnya pada topik tertentu.
Biasanya, pengguna yang mengakses BBS dapat mengunggah maupun mengunduh berita dari pengguna lain dengan mudah.

5.      Chatting
Chatting merupakan percakapan antara dua atau lebih pengguna komputer secara realtime dengan memanfaatkan jaringan internet.
Bagi pengguna komputer yang telah melengkapi perangkat komputernya dengan webcam, maka mereka dapat chatting dengan melihat wajah pengguna lain yang di ajak chatting tersebut.
6.      Newsgroup
Sama halnya dengan milis, newsgroup juga merupakan salah satu discussion group yang ada di internet. Untuk mengakses suatu newsgrup, diperlukan jaringan komputer khusus yang biasa disebut UseNet.
Umumnya, setiap newsgroup di atur berdasarkan satu topik umum yang kemudian dibagi menjadi beberapa sub topik dibawahnya. 
7.      FTP
FTP atau File Transfer Protocol merupakan layanan internet untuk melakukan transfer file antara pengguna komputer dengan suatu server di internet.
Jadi, kita bisa melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara komputer kita dengan komputer lain yang terhubung pada jaringan internet.
FTP umumnya dimanfaatkan sebagai wahana pendukung yang sangat diperlukan untuk pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet.

8.      Gopher
Gopher merupakan protokol layer aplikasi TCP/ IP yang dirancang khusus untuk keperluan distribusi, pencarian, maupun pengambilan dokumen melalui jaringan internet

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Cara Mendownload Video di youtube.com di HP atau PC

Tutorial Cara Mendownload Video di youtube.com dari pada bingung mau ngeshare apa, ane putusin untuk nge share cara download video di youtube.com.  kalo di hp maupun di pc cara nya hampir sama. jika di hp sudah pasti kan ngga ada IDM ( Internet Download Manager ) jadi berikut ane berikan caranya :  1.  masuk ke youtube.com 2. pilih video yang ingin di download contoh.  http://www.youtube.com/watch?v=vPMrKRKuNxU 3. ganti  http://www. dengan ss tanpa dot(.) jadi seperti ini. ssyoutube.com/watch?v=vPMrKRKuNxU 4. pilih mana yang ingin anda download antara 3GP , FLV , MP4 dll sekian tutor dari ane makasih. NB : jika ingin copas tambahkan sumbernya

Habib Syech - SYI'IR BIRRUL WALIDAIN

*** SYI'IR BIRRUL WALIDAIN Oleh Habib Syech*** (Ijazah Al-maghfurlah Romo KH. A. Idris Marzuki Lirboyo dan diterjemahkan oleh salah satu santrinya) صل وسلم دائما على احمد # والأل والأصحاب من قد وحدا ياربنا ياربنا إغفرلنا ** ووالدينا والمشايخ اجمعين Duh pangeran kulo nyuwun pangapuro Kangge tiyang sepah soho guru kulo Ugi kangge kulo lan muslim sedoyo ing mekah madinah lan sak alam dunyo Duh pangeran kulo nyuwun kesaenan Kangge poro putro lan putri harapan Mugi saget nerusaken perjuangan Njagi islam lan akidah keimanan Duh pengeran kulo nyuwun kawelasan kangge poro guru kang paring tuntunan Tuntunan agami soho sesrawungan Ingkang manfaati ing gesang bebrayan Kuburipun guru soho tiyang sepah Mugi dados taman surgo ingkang endah Mugi tangi kubur mboten nampi susah Dados tiyang ingkang pikantuk bebungah Timbangan amale abot kesaenan Ing jembatan shirot mlampah kanthi aman Saking tlogo nabi pikantuk siraman Ingkang nglebur sedayane keluputan

PD - PROXY LAYANAN VPN

Gratisan Internet di PC ( komputer / laptop ) dengan menggunakan PD-PROXY VPN kali ini ane mau nge share salah satu trik gratisan internet lewat pc. yaitu menggunakan PD - PROXY VPN . dengan menggunakan program tersebut maka anda dapat gratisan meski hanya 100MB per hari. berikut cara menggunakannya : 1. klik linknya http://www.pdproxy.com/ untuk memulai mendaftar dan isi formulirnya 2. lalu download software nya di sini http://www.pdproxy.com/download.htm 3. setelah mendapat user name dan pass nya 4. software yang sudah di download lalu di ekstrak 5. double klik di PD-Proxy.exe 6. masukkan user name dan pass nya 7. click conect selamat anda sudah bisa ber internet ria, tapi ingat hanya 100MB per hari. NB ; sebelum di konekkan pc anda sudah konek ke internet, maksudnya sudah konek lewat modem atau sejenisnya